Tips Mencari Rumah Over Kredit yang Murah di Cikarang



PerumahanCikarang.com - Sebelum Anda membeli rumah secara kredit, sebaiknya Anda mencari infomasi mengenai  Tips mencari rumah over kredit yang murah di Cikarang terlebih dahulu agar Anda mempunyai gambaran tentang bagaimana tatalaksana dan sistem pembayarannya. Hal tersebut bertujuan agar Anda mengerti, tidak mudah tertipu dan tidak menyesal pada akhirnya.
Membeli rumah dengan sistem over kredit merupakan pembelian yang dilakukan dengan melanjutkan kredit yang dilakukan oleh orang lain. Misalnya, Pak Anto sedang mengredit rumah di daerah Cikarang melalui Bank BTN, kemudian, Pak Anto tidak sanggup lagi membayar cicilan tiap bulannya dan menawarkan Anda untuk melanjutkan kredit rumahnya. Mau tau penjelasan selengkapnya? Berikut ulasannya.





1.      Mencari Orang yang Sedang Membutuhkan Uang

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari informasi orang yang sedang membutuhkan uang dan ingin menjual rumahnya secara over kredit. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi Anda, karena orang tersebut akan memberikan harga yang lebih murah dari harga biasanya karena sedang membutuhkan uang. Tapi perlu Anda ingat bahwa Anda harus memiliki peri kemanusiaan dalam menentukan harga rumah tersebut.


2.      Melihat Kondisi Rumah


Hal kedua yang harus Anda lakukan dalam memilih rumah over kredit adalah dengan melihat kondisi rumah yang akan Anda beli secara kredit over. Mengapa demikian? Karena bisa saja pemilik sebelumnya merasa kurang nyaman dan aman dengan rumah yang dibelinya secara kredit tersebut. Misalnya, kondisi rumah yang terlalu kecil, lokasinya berada di tempat yang sepi dan dekat dengan lingkungan yang kotor serta kumuh.


3.      Memeriksa Dokumen Rumah

Sebelum Anda membeli rumah secara over kredit, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu dokumen KPR (Kredit Pemilik Rumah) yang berada di Bank dan pastikan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan nama pemilik rumah yang menawarkan over kredit kepada Anda.


4.      Perikirakan Harga dan Nilai Transaksi

Tips mencari rumah over kredit yang murah di Cikarang yang ketiga adalah dengan memperkirkan harga dan nilai transaksi. Apabila Anda sudah merasa cocok dengan rumah tersebut, sebaiknya Anda perkirakan berapa biaya yang harus Anda bayarkan kepada pemilik rumah, cek sisa saldo hutang rumah tersebut pada pihak bank, tanyakan berapa cicilan per bulannya, hitung jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan sampai akhir, dan perkirakan berapa harga jual rumah ketika sudah lunas cicilannya.


5.      Buat Surat Perjanjian dan Akta Jual-Beli

Pembelian rumah secara over kredit memiliki resiko ketidakamanan yang tinggi. Hal tersebut diakibatkan karena adanya pengalihan dokumen dari orang lain kepada Anda. Apabila tidak disertai dengan surat perjanjian dan akta jual-beli di atas materai, maka suatu saat bisa saja pemilik rumah sebelumnya mengambil sertifikat rumah yang berada di Bank. Hal tersebut dikarenakan sertifikat rumah tersebut masih atas nama pemilik sebelumnya.


6.      Lakukan Pengoperan Rumah dengan 3 Pihak

Tips mencari rumah over kredit yang murah di Cikarang yang paling penting adalah dengan melibatkan tiga pihak sebagai saksi agar dokumen calon rumah Anda Aman. Tiga pihak tersebut adalah notaris, bank, dan pemilik rumah yang akan Anda lanjutkan kreditnya. Dengan melibatkan ketiga pihak tersebut, Anda harus menyiapkan uang yang cukup banyak untuk mengurus dokumen rumah tersebut. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat menawar harga beli kepada pemilik sebelumnya dengan harga yang lebih murah.

Demikianlah tips mencari rumah over kredit yang murah di Cikarang . Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi bagi Anda dalam membeli rumah secara over kredit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencari Rumah Over Kredit yang Murah di Cikarang "

Posting Komentar